welcome on my web blog on www.jeys.tk

Senin, 25 Mei 2009

Tips perawatan laptop

.
0 comments

Laptop adalah alat electronik yang membantu pekerjaan manusia dalam menyelesaikan masalah tertentu

di dalam leptop terbagi bebrapa bagian.Bagian –bagian itu yang terpenting merupakan processor gunakecepatanpada pengaksesan data dan keperluan user bagi leptop itu sendiri.kemudian untuk penambahan kinerja di butuhkan sebuah memory utama atau yang disebut RAM ,,kemudian yang paling penting adalah memori atau yang kita sebut dengan hardisk ,,,,hardisk merupakan komponen yang paling penting untuk penyimpanan program maupun data,,webcam salah satu hardware yang penting bagi laptop berfungsi sebagai mencetak photo atau pun online chat.kemudian wifi berfungsi sebagai media tekoneksi ke dunia internet.
Untuk perawatan leptop mudah seperti perawatan komputer pada umumnya,hanya yang membedakanya aku biasanya lebih memperhatikan antivirus yang aku gunakan,dan aku sering mengupdate antivirus tersebut dan ku sisipkan antimalware agar tidak terjangkit olehnya.
Malware adalah perangkat lunak yang merusak program tanpa sepengetahuan owner contoh malware seperti trojan house,winsality dll.
Tips perawatan laptop menurut pengalamanku sebagai mahasiswa teknik informatika,universitas kuningan sebagai berikut :
1. Biasankanlah bila menggunakan laptop lebih dari 3jam,sebaiknya cabut aja agar awet batreinya,kemudian kabel charger lebih baiknya tambahkan stabiliser untuk kestabilan listrik yang masuk ke laptop,disarankan membeli stabilizernya yang kecil saja agar mudah di bw kemana-mana(bagi orang yang sering berpergian),pas ko!!!!buwat uang saku mahasiswa.
2.Jika pada waktu batrei laptop habis sebaiknya pada waktu charger matikan terlebih dahulu OS nya,cas sebaiknya di lakukan dalam kedaan tidak aktif(mati)kenapa penulis di sarankan seperti itu!!!supaya pada saat di cas batrei dalam keadaan tidak aktif supaya aliran listriknya terfokus pada batrei laptop saja,jika mencas batrei laptop sambil di nyalakan akan terjadinya pemborosan sumber daya listriknya dan arus listriknyapun tidak hanya hanya terfokus kebatrei saja tetapi ke bagian hardware yang sangat memerlukan lisyrik seperti monitor pada laptop.
3.Biasakanlah menggunakan tas khusus leptop,agar terjamin keselamatan laptopnya,biasanya tas khusus laptop berupa tas selendang,saran penulis bagi kamu yang pengen tas yang agak enak beli aja tas gendong yang khusus bwt laptop,biar gampang dibawa kemana-mana + pas uang saku buwat mahasiswa,pi ini juga kembali kepada pemilik laptop tergantung selera yang memegang laptop itu sendiri.
4.Bagi kamu yang sering menggunakan laptop yang conect langsung ke dunia internet baik itu medianya menggunakan koneksi wirelles ataupun menggunakan kabel LAN,biasakanlah hal yang terlebih dahulu kamu lakukan mengupdate antivirus terlebih dahulu dan mengupdate antimalware terlebih dahulu,menurut pengalamanku setip aku online slalu aja terjadi transaksi melalui usb baik itu berupa data ataupun aplikasi,nah disitulah ku sarankan terlebih dahulu mengupdate anti virus+ anti malware.
5.Anda biasakanlah mengscan flashdisk yang masuk k laptop kamu,maklum ku saranin seperti itu karna biasanya teman-temanku di kampus slalu aj,ad something ( virus )di flasdisknya.
6.Bila terjadi misalnya kamu akan mengklik aplikasi microsoft office word 2007 ataupun aplikasi lainya,biasanya kalau kamu klik langsung muncul tampilan dari aplikasi tersebut dan tiba- tiba pada waktu yang tidak bersamaan kamu mengklik aplikasi tersebut kembali kemudian tampilanya lama sekali muncul itu harus dicurigakan,mungkin saja ada virus yang masuk tanpa sepengetahuan user (pengguna ).yang kamu lakukan klik kanan pada partisi c atau dimana kamu menaruh operasi sistemnya di partisi mana,kemudian scan menggunakan antivirus yang kamu gunakan,nagrti kan apa yang ku tulis ini.gampang ko!!!
7.Biasanya leptop zaman sekarang sudah menggunakan sistem operasi VISTA yang menurut penulis bagus,soalnya gampang membedakan jika flashdisk yang ada virusnya,operasi sistemnya akan me-report,bahwa flashdisk harus mengalami masalah.nah ,,, kalau terdapat report seperti begitu kudu+wajib+must+harus di waspadai heheehehe..kaya maling aja,,,.and tampilanya sesuai dengan gaya anak muda seperti penulis.
8.Bila mana terjadi kerusakan pada operasi sistemnya,misalkan sudah tidak bisa masuk pada opersai sistemnya jangan panik yah,,,penulis menyarankan agar insatal ulang aja OS nya,kalu kamu g bisa ngeinstal ulangnya kamu bisa menghubungi teman kamu yang kamu percayai bisa melakukan perubahan pada komuputer kamu,kata perubahan di garis bawahi bisa membenarkan laptop yang anda miliki,maklum penulis kan mahasiswa biasanya meminimalkan pengeluran.
9.Bila kamu sedang online di rumah ataw sedang mengerjakan tugas yang menggunkan laptop penulis menyarankan bila bila tugas itu belum selesai dan akan dilanjutkan esok hari,penulis penyarankan agar pada bagian keyboard di kasih penutup seperti busa yang tipis dan di anjurkan jangan menutup bagian monitor karena meminimalkan terjadinya kerusakan pada monitor.
10.So ini nih bagian yang paling gampang tapi,sering di langgar di sarankan bagi user setiap seminggu sekali taupun tiga hari sekali laptop di jaga kebersihanya,sekarang banyak ko alat pembersih buwat laptop,cara pemebrsihanya semprotkan pembesih laptop ke tisu kemudian usapkan ke semua bagian laptop,gampangkan caranya. Ohhh......iya sebelum di bersihkan sebaiknya gunakan kuas yang halus untuk membersihkan bagian keyboard laptop.
11.Ohhh...iya saran saya bawalah tisu setiap anda berpergian membawa laptop,berfungsi sebagi pembersih monitor jiga terdapat debu pada monitor laptop anda.
11 tips perawatan laptop yang saya anjurkan bagi anda yang sering menggunakan laptop. Bagi para pembaca mohon maaf apabila terjadi tip perawatan laptop ini kurang memuaskan. Jujur saya juga masih tahap pembelajaran.

readmore »»