welcome on my web blog on www.jeys.tk

Sabtu, 29 Mei 2010

microsoft word 'mail merge'

.


Sahabatku setelah saya telusuri dan dari pengalaman juga ternyata banyak di sekitar saya yang belum mengetahui apa itu mail merge ??????ini bukan jadi rahasia lagi buwat kalian semuanya , oke di web blog ini saya akan menjelaskan apa itu mail merge yaitu pasilitas yang disediakan office word 2007 untuk mengirimkan surat lebih dari 1, dengan nama filed yang berbeda. Okey langsung aja ke pembahasan. Langkah –langkahnya

1. Buka aplikasi mail merge , kemudian klik ->mailing ->select recipients

2. Terdapat ada 3 pilihan yang berfungsi sebagai berikut
a. Type new list -> berfungsi sebagai membuat field baru , ( field itu seperti judul dalam table jika dui artikan dalam bahasa sehari – hari ).
b. Use existing list -> berfungsi sebagai yang telah tersedia / telah terdapat field , yang sebelumnya telah di buat.
c. Select from outlook contact -> berfungsi untuk memebuat akses outlook .
3. Pada pembahasan kali ini saya akan menjelaskan membuat type new list , klik -> type new list maka akan terdapat gambar seperti berikut :

Penjelasan :
Ini merupakan tampilan mail merge yang telah di sediakan oleh Microsoft office word 2007.
4. Yang saya butuhkan untuk field tersebut adalah NAMA DEPAN, NAMA BELAKANG, ALAMAT , RT , RW, saya membutuhkan filed tersebut karena conoh kasus kita kali ini yaitu surat undangan .
5. Kemudian klik costomize colums -> delete filed yang tidak di perlukan , atau delete semua filed okey kita ganti dengan bahasa nasional kita Indonesia.

6. Kemudian klik add-> masukan filed NAMA DEPAN, NAMA BELAKANG, ALAMAT , RT , RW

Catatan:
Oh iya sahabat sekedar info buwat kalian yang sering menggunakan aplikasi perkantoran, telah realize office 2010 pi yang saya alami, dari segi tampilannya sama précis dengan office word 2007 so jangan kawatir , tetapi yang perlu kalian ingat adalah cara pengesave an data tersebut.

7. Save dengan nama biodata xyz -> klik ok , atau save dengan nama yang anda tentukan , kan sekarang zaman demokrasi okey hehehehehhe…. Jangan terlalu serius yah santai aj !!!!!pokok nya penulis akan menjelaskan dengan rinci serincinya ……

8. Langkah kali ini pengisian filednya okey ….. kita masukan record nya maksudnya adalah mengisi judul table tersebut okey.bisa seperti ini atau sesuaka anda.klik mailing -> edit recipient list ->aktifkan biodata xyz .

Melakukan pengisian dapat dilakukan dengan klik tombl new entry ataupun tab -> Setelah melakukan pengisian atau pengupdate data.

9. Setelah melakukan penginputan record pada biodata xyz , sekrang kira menentukan surat yang akan di masukan field tersebut. Caranya tempatkan corsor yang akan di masukan filed tersebut kemudian klik mailing -> insert merge filed , maka terdapat NAMA DEPAN, NAMA BELAKANG, ALAMAT , RT , RW , setelah itu klik nama depan & nama belakang.


10. Untuk melihat hasil tersebut kita bisa mengklik mailing ->preview results ->untuk pergerakan dari field tersebut kita bisa mengklik tanda maka akan berpeindah sesuai urutan field tersebut

11. Langkah berikutnya adalah print hasil mail merge , klik mailings -> finish & merge -> print document ->all -> ok , gampang kan kalo langsung di print semua.




yayayayyapppppp .... moga bermanfaat amin

0 comments

Posting Komentar