welcome on my web blog on www.jeys.tk

Rabu, 16 Februari 2011

Hai world dengan delphi2010

.

Hallo para blogger semoga hari ini kalian semangat semuanya, heheheheh.. hari kemarin ku telah post pengenalan IDE Delphi 2010, sekarang aku akan mencoba mungkin ini pengenalan dasar dari pemograman Delphi heheheehehee, dengan source code yang sederhana mencoba hai to world dengan Delphi hehehhe, ternyata sangat simple ko!!.mirip dengan bahasa pemograman builder, hehehheheh… disini penulis akan menjelaskan bagaimana kita membuat form baru sampai pengeksekuian program, so langsung saja.

Hal yang perlu kalianperhatikan hanyalah yg pastinya mempunyai delphi2010, ..aku akan jelasinya sambil santia wokey karna penjelasan ini masih tahap awal jadi aku jelasinya sangat rinci and aku harap kalian telah baca terlebih dahulu pengenalan IDE delphinya supaya gampang memahami tool yang terdapat didelphi., hehehe okey langsung saja yah ke pembahasan heheheheheh. … ikuti langkah berikut :
1.Buka aplikasi Delphi , kemudian klik menu file >new > VCL form


2.Maka akan terbentuk form baru deh hehehe


3.Nah kemudian ke tool pilih standard >tButton deh, tempatkan buttonnya di form, heheheheh sudah di tempatkan di form arahkan kembali ke object inpector>pilih captionya ganti hai.


4.Kemudian pada object inspector > properties pilih caption ganti dengan hai world,hehehehhe.. perlu diperhatikan aktifkan terlebih dahulu formnya ehheheh supaya bias ke edit deh.


5.Kemudian arahkan kembali ke tool palete, masih pada standard pilih Tlabel, tempatkan tlabel tersebut di form deh, heheheheheheh


6.Nah hasilnya akan seperti ini, hehehehe deh. …. Kemudian double klik pada tombol hai


7.Masukan code seperti pada gambar, hehehehhe code tersebut berfungsi sebagai meampilkan karakter hallo world deh, heheh klian bias edit ko!!! Tinggal ganti hallo world ya dengan apa aja dehterserah kalian hehehehhe.


8.Kemudian klik tombol run , pada toolbar heheheheeh, fungsi ini bermaksud tuk mengeksekusi apabila terjadi kesalahan program deh ehhehee…


9.Nah setelah di eksekusi , maka akan muncul form berikut deh


10.Kemudian klik tombol hai deh , maka akan muncul hallo world


Selanjutnya kalian bias modifikasi codenya atupun tampilanya deh hehehehehee… pokoknya bebas deh di web blog ini hehehehhehehehehhe… hehehehehhe karna aku baik hati hehehe nieh aku kasih source code nya , dapat di download disini.

0 comments

Posting Komentar